Resume
kelompok 4
Pada kelompok 4
ini akan mempresentasikan “STRUKTUR PASAR”
Pengertian Pasar
Pasar adalah sebagai tempat bertemunya antara
penjual dan pembeli. Mereka saling berinteraksi melakukan transaksi jual barang dan jasa. Barang dan jasa yang di jual
menggunakan alat pembayaran yang sah.
Jenis-jenis pasar :
1.
Pasar Nyata
Pasar
yang lokasinya dapat dilihat dengan kasat mata. Produk yang dijual dan dibeli
juga dapat dilihat dengan kasat mata. Konsumen dan produsen juga dapat dengan
mudah dibedakan. Dalam hal ini pembeli dan menjual melakukan
transaksi secara langsung. Contoh : pasar tradisional dan pasar swalayan.
2.
Pasar Abstrak
Pasar abstrak, penjual dan pembeli tidak
harus melakukan pertemuan untuk bertransaksi. Hal ini dapat dilakukan hanya
dengan menggunakan teknologi seperti internet, pemesanan telepon dan lain-lain.
Barang yang di perjual belikan tidak dapat dilihat dengan kasat mata, tapi
biasanya melalui brosur, rekomendasi dan lain-lain. Contoh pasar abstrak, seperti
pasar saham, pasar online.
3.
Pasar Modern
Pasar ini bersifat modern, dimana
barang-barang yang di perjual belikan dengan harga yang sudah ditentukan dengan
layanan sendiri. Jenis pasar ini dapat berlangsung di mal, dan plaza.
Macam-macam pasar menurut bentuk dan
strukturnya :
1.
Pasar Persaingan Sempurna
Pasar dimana terdapat banyak penjual dan
pembeli dan produk yang diperjual belikan bersifat homogen.
Contoh : pasar hasil pertanian seperti beras
dan sayur mayur.
2.
Pasar
Menurut Organisasinya
Pasar Persaingan Sempurna
Dalam pasar persaingan sempurna
terdapat banyak penjual atau pembeli yang sama-sama telah mengetahui keadaan
pasar. Barang yang diperjualbelikan dalam pasar persaingan sempurna homogen
(sejenis). Selain itu, baik penjual ataupun pembeli tidak bebas menentukan
harga barang.
PasarPersaingan Tidak Sempurna
Dalam pasar persaingan tidak
sempurna, para penjual maupun pembeli mempunyai kebebasan dalam menentukan
harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan.
Bentuk-bentuk
pasar persaingan tidak sempurna :
a. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang
terjadi apabila seluruh penawaran
terhadap sejenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual
tertentu. Contoh : PT Pertamina
(persero), PT Perusahaan Listrik Negara (persero)
b. Pasar Oligopoli
Pasar
oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang
tertentu, sehingga antara penjual yang satu
dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga.
Contoh:
perusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan rokok, industri telekomunikasi, dan
perusahaan semen.
c.
Pasar Monopolistik
pasar monopolistic adalah salah satu bentuk pasar di mana
terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki
perbedaan dalam beberapa aspek yang menunjukan
karakteristik produk yang dihasilkan setiap perusahaan.
d.
Pasar Monopsoni
Pasar
monopsoni adalah dimana satu pelaku usaha menguasai
penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam
suatu pasar.
e.
Pasar Oligopsoni
Pasar
oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih
pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas
barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.
0 komentar:
Posting Komentar