Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Jumat, 10 Mei 2013

STRUKTUR PASAR

Resume kelompok 4
Pada kelompok 4 ini akan mempresentasikan “STRUKTUR PASAR”

Pengertian Pasar
Pasar adalah sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Mereka saling berinteraksi melakukan transaksi jual barang dan jasa. Barang dan jasa yang di jual menggunakan alat pembayaran yang sah.
Jenis-jenis pasar :
1.      Pasar Nyata
Pasar yang lokasinya dapat dilihat dengan kasat mata. Produk yang dijual dan dibeli juga dapat dilihat dengan kasat mata. Konsumen dan produsen juga dapat dengan mudah dibedakan. Dalam hal ini pembeli dan menjual melakukan transaksi secara langsung. Contoh : pasar tradisional dan pasar swalayan.
2.      Pasar Abstrak
Pasar abstrak, penjual dan pembeli tidak harus melakukan pertemuan untuk bertransaksi. Hal ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan teknologi seperti internet, pemesanan telepon dan lain-lain. Barang yang di perjual belikan tidak dapat dilihat dengan kasat mata, tapi biasanya melalui brosur, rekomendasi dan lain-lain. Contoh pasar abstrak, seperti pasar saham, pasar online.
3.      Pasar Modern
Pasar ini bersifat modern, dimana barang-barang yang di perjual belikan dengan harga yang sudah ditentukan dengan layanan sendiri. Jenis pasar ini dapat berlangsung di mal, dan plaza.

Macam-macam pasar menurut bentuk dan strukturnya :
1.      Pasar Persaingan Sempurna
Pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dan produk yang diperjual belikan bersifat homogen.
Contoh : pasar hasil pertanian seperti beras dan sayur mayur.

2.   Pasar Menurut Organisasinya

Pasar Persaingan Sempurna

Dalam pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual atau pembeli yang sama-sama telah mengetahui keadaan pasar. Barang yang diperjualbelikan dalam pasar persaingan sempurna homogen (sejenis). Selain itu, baik penjual ataupun pembeli tidak bebas menentukan harga barang.

PasarPersaingan Tidak Sempurna
Dalam pasar persaingan tidak sempurna, para penjual maupun pembeli mempunyai kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan.
            Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna :
a.      Pasar Monopoli
              Pasar monopoli adalah pasar yang terjadi apabila seluruh                                          penawaran terhadap sejenis barang pada pasar dikuasai oleh                                seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu. Contoh : PT                           Pertamina (persero), PT Perusahaan Listrik Negara (persero)
b.      Pasar Oligopoli
              Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa                                   penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang                              satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga.
              Contoh: perusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan                            rokok, industri telekomunikasi, dan perusahaan semen.
c.       Pasar Monopolistik
pasar monopolistic adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek yang menunjukan karakteristik produk yang dihasilkan setiap perusahaan.
d.      Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni adalah dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar.
e.       Pasar Oligopsoni
Pasar oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.
             




0 komentar:

Poskan Komentar