Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Jumat, 26 April 2013

Kebudayaan Indonesia



Indonesia negara yang mempunyai ragam budaya, ragam bahasa tapi biarpun berbeda-beda tetap satu itulah semboyan negara kita Bhineka Tunggal Ika. Saya beruntung lahir di Indonesia penduduknya ramah-ramah. Sesuai dengan daerah masing-masing sudah pasti budayanya pun berbeda-beda. Di sini saya ingin berpendapat kebudayaan Indonesia yang khususnya berasal dari jawa. Seperti yang santer di bicarakan yaitu batik dan reog Ponorogo.

Batik dan Reog Ponorogo adalah kebudayaan yang terkenal di Indonesia, tapi sayangnya pada saat ini kebudayaan tersebut sudah di tinggalkan karena banyak pengaruh-pengaruh kebudayaan luar yang lebih trend di Indonesia. Dan pada akhirnya kebudayaan tersebut di akui oleh negara lain bahkan di kembangkan di negara tersebut, ironis memang  setelah kejadian itu orang-orang Indonesia baru berbondong-bondong demo bahwa batik dan reog itu kebudayaan milik Indonesia.

Tidak heran kalau orang asing itu mengambil kebudayaan kita dan di kembangkan di sana, karena orang Indonesia sendiri tidak mengembangkannya justru cenderung meninggalkannya. Padahal kebudayaan kita adalah kebudayaan yang paling unik bahkan di luar negeripun tidak ada. Terutama anak muda saat ini sudah sangat terpengaruh oleh budaya barat, semua yang di pakai kebanyakan produk dari luar negeri sehingga batik di tinggalkan. Memang batik itu cenderung di pakai saat-saat resmi saja seperti ke acara pernikahan atau pertemuan-pertemuan resmi yang mngkhususan memakai batik, tapi berkat para desainer Indonesia yang kreatif sekarang batik sudah mempunyai banyak variasi dan model-model yang mengikuti trend jadi sekarang sudah anak-anak muda pun tidak enggan lagi memakai batik. Semoga di kedapannya banyak inovasi-inovasi yang dapat mengembangkan kebudayaan Indonesia terutama kita sebagai anak muda harus melestarikan kebudayaan Indonesia agar tidak direbut dan diakui lg dengan negara lain. 

0 komentar:

Poskan Komentar