Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Jumat, 23 Mei 2014

Analisis Artikel Dari Bidang Kajian Ilmu Sistem Informasi (Teknologi Informasi)

§  Topik: 

PENGARUH PEMANFAATAN DAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI TERRHADAP KINERJA INDIVIDU (Studi Kasus pada Perum BULOG Divisi Regional Jawa Tengah)

§  Tujuan:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan faktor sosial terhadap minat pemanfaatan sistem informasi, dan juga pengaruh kondisi yang memfasilitasi dan minat pemanfaatan terhadap perilaku penggunaan sistem informasi.
§  Opini:
Berdasarkan jurnal yang saya baca, teks yang terdapat di dalamnya termasuk teks argumentasi, karena mengandung data dan fakta yang mendukung dan pembenaran berdasarkan data dan fakta yang disampaikan. Data dan fakta yang digunakan untuk menyusun jurnal diperoleh melalui kuisioner, observasi atau penelitian lapangan, dan penelitian kepustakaan.

§  5 Kalimat dengan formula:
S1 + P1+(O/pel)(+ket)
S1 + P1 + konjungsi + S2 + P2

1.      Sistem Informasi (SI) tidak akan lepas dari teknologi informasi artinya keberhasilan atau kesuksesannya akan selalu didukung oleh adanya teknologi informasi.

2.      Venkatesh et al. menyatakan bahwa konstrak ekspektasi kinerja merupakan prediktor yang kuat dari minat pemanfaatan sistem informasi dalam setting sukarela maupun wajib.

3.      Theory of Reasoned Action (TRA) menyatakan bahwa individu akan menggunakan komputer jika mereka mengetahui adanya keuntungan atau hasil positif dalam penggunaan komputer tersebut.

4.      Analisis deskriptif yang digunakan adalah analisis dari nilai rata-rata, median, range, dan standar deviasi dari variabel-variabel independen sedangkan analisis hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan Partial Least Square (PLS).

5.      Thompson et al menemukan adanya hubungan positif yang kuat antara kesesuaian tugas (job fit) dengan penggunaan system.

§  Kalimat koordinatif, korelasi, subordinatif


1.      Biaya yang diperlukan tidak hanya pada saat pengadaan sistem tersebut tetapi juga biaya pemeliharaan dan biaya pengembangan apabila system tersebut mulai usang.
Kalimat korelatif karena menghubungkan dua kata, frasa, atau klausa yang memiliki status sintaktis yang sama. Konjungsi menggunakan kata “tidak hanya…. tetapi juga”.

2.      Banyaknya segmen bisnis serta luasnya wilayah yang ditangani, menyebabkan sistem akuntansi menjadi sangat kompleks.
Kalimat koordinatif karena menghubungkan dua unsur  kalimat  yang mempunyai status sintaktis yang sama. Konjungsi menggunakan kata “serta”.

3.      Informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan tidak boleh terlambat (usang). Informasi yang usang tidak mempunyai nilai yang baik, sehingga kalau digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan akan berakibat fatal atau kesalahan dalam keputusan dan tindakan.
Kalimat subordinatif karena menghubungkan dua klausa atau lebih , dan klausa itu tidak memiliki status sintaktis yang sama. Konjungsi menggunakan kata “sehingga”.



0 komentar:

Poskan Komentar