Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Sabtu, 03 Mei 2014

Kajian Dalam Bidang Multi Disiplin Ilmu Linguistik dan Komputasi




Linguistik berasal dari bahasa latin lingua yang berarti ’bahasa’. Linguistik adalah ilmu tentang bahasa atau ilmu yang menjadikan bahasa sebagai objek kajiannya. Menurut Bloomfield (1933: 20-34) “Linguistik adalah sain (science), seperti halnya fisika dan kimia adalah sain”. Dari sumber yang saya baca, linguistik mempunyai beberapa objek kajian, antara lain:
·         Berdasarkan  Bahasa pada Umumnya atau Bahasa Tertentu  dibagi menjadi 2 , yaitu :

-          Linguistik Umum : linguistik yang berusaha mengkaji kaidah-kaidah bahasa secara umum yang bersifat alamiah. Pernyataan-pernyataan yang dihasilkan akan menyangkut bahasa pada umumnya.
-          Linguistik Khusus : linguistik yang berusaha mengkaji kaidah-kaidah bahasa tertentu.

·         Berdasarkan Objek Kajian,  Bahasa pada Masa Tertentu atau Bahasa Sepanjang Masa

         Pada umumnya linguistik dapat dibedakan adanya linguistik sinkronik (linguistik deskriptif) dan linguistik diakronik (linguistik historis komparatif). Linguistik sinkronik mengkaji bahasa pada masa tertentu. 

·         Berdasarkan Objek Kajian,  Struktur Internal Bahasa berkaitan dengan berbagai faktor di Luar Bahasa

       Bahasa tertentu linguistik dapat dibedakan menjadi linguistik mikro (mikrolinguistik) dan linguistik makro (makrolinguistik). Linguistik mikro mengarahkan kajiannya pada struktur internal bahasa. Dalam linguistik mikro ada beberapa subdisiplin yaitu:

-          Fonologi               : menyelidiki tentang bunyi bahasa. 
-          Morfologi            : menyelidiki tentang morfem.
-          Sintaksis               : menyelidiki tentang satuan-satuan kata.
-          Semantik             : menyelidiki makna bahasa.
-          Leksikologi          : menyelidiki leksikon atau kosakata.
Linguistik makro menyelidiki bahasa dalam kaitannya dengan faktor-faktor di luar bahasa.   Subdisiplin-subdisiplin linguistik makro antara lain:
-           Sosiolinguistik  
-          Psikolinguistik   
-          Antropolinguistik            
-          Filsafat bahasa                 
-          Stilistika                               
-          Filologi
-          Dialektologi

Ilmu komputasi berkaitan dengan membangun model matematika dan analisis kuantitatif teknik dengan menggunakan komputer untuk menganalisa dan memecahkan permasalahan ilmiah. Pendekatan ilmu komputasi  adalah untuk mendapatkan pemahaman, terutama melalui analisis model matematika yang diimplementasikan pada komputer . Jadi, disiplin ilmu linguistik dan komputasi sangat berhubungan. Misalnya, ingin membuat aplikasi dalam ilmu matematika dengan menggunakan komputer, tentu saja programmer harus mengoding program tersebut dengan baik dan benar sesuai dengan bahasa pemrograman yang dipilih. Dalam hal ini kodingan termasuk  ilmu linguistik.

Sumber:



0 komentar:

Poskan Komentar