Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Sabtu, 18 Oktober 2014

TELEMATIKA



Definisi Telematika
Kata Telematika berasal dari bahasa Perancis “TELEMATIQUE” yang berarti bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah telematika merujuk pada cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika. Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi. Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai (the new hybrid technology) yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah konvergensi.

Media Komunikasi Yang Digunakan Untuk Telematika
1. Telepon genggam ( Handphone atau Smartphone)
              
             Telepon genggam bisa dikatakan media komunikasi karena telepon genggam adalah sebuah alat komunikasi yang pasti bisa juga menjadi media dalam telematika. Dikatakan media dalam telematika karena telepon genggam saat ini sudah memiliki banyak fungsi. Misalnya adalah browsing atau melihat dunia luar dengan hanya sekali mengakses.

2. Komputer
             
             Dikatakan media telekomunikasi dikarenakan komputer merupakan sebuah media teknologi informasi yang bisa dijadikan sebagai telematika.

3. Internet

             Internet adalah sebuah media terpenting juga media yang paling utama dalam dunia tekonologi salah satunya adalah telematika. Karena dengan adanya internet, kita bisa mengakses semua yang kita inginkan dan bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan instan. Bisa chatting, browsing juga melihat gambar maupun video. Dengan internet manusia bisa berkomunikasi antar manusia lainnya. 

4. Radio

             Radio adalah salah satu  media informasi, dimana kita bisa mendapatkan informasi secara audio. dari kegunaannya tersebut sehingga dapat  pula digunakan pada telematika masih banyak sekali di keliling kita media yang bisa digunakan pada telematika, seperti satelit yang bisa memancarkan sinyal  digital untuk disebarkan ke media-media telekomunikasi di atas.

Perkembangan Telematika Sebelum Dan Sesudah  Internet Muncul
  • Perkembangan Telematika diIndonesia sebelum internet muncul
o) Periode Rintisan (berlangsung pada akhir tahun 1970an – akhir tahun 1980an)
Pada periode rintisan ini penggunaan telematika sangat terbatas. Pada periode ini, masa dimana beberapa orang Indonesia belajar menggunakan telematika atau minimal mengetahuinya. Tahun 1980-an teleconference terjadwal hampir sebulan sekali di TVRI (Televisi Republik Indonesia) yang menyajikan dialog interaktif antara Presiden Suharto di Jakarta dengan para petani di luar jakarta, bahkan di luar pulau Jawa.
o) Periode Pengenalan (berlamgsung tahun 1980an) Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri marak pada awal tahun 1990. hal ini juga merupakan efek kreativitas anak muda ketika itu, setelah dipinggirkan dari panggung politik, yang kemudian disediakan wadah baru dan dikenal sebagai Karang Taruna. Pada sisi lain, milis yang mulai digagas sejak tahun 1980-an, terus berkembang.
  • Perkembangan Telematika diIndonesia setelah internet muncul
o) Periode Pengenalan Telematika
Internet masuk ke Indonesia pada tahun 1994, dan milis adalah salah satu bagian dari sebuah web. Penggunanya tidak terbatas pada kalangan akademisi, akan tetapi sampai ke meja kantor. ISP (Internet Service Provider) pertama di Indonesia adalah IPTEKnet, dan dalam tahun yang sama, beroperasi ISP komersil pertama, yaitu INDOnet. Dua tahun keterbukaan informasi ini, salahsatu dampaknya adalah mendorong kesadaran politik dan usaha dagang. Hal ini juga didukung dengan hadirnya televise swasta nasional, seperti RCTI (Rajawali Citra Televisi) dan SCTV (Surya Citra Televisi) pada tahun 1995-1996. Teknologi telematika, seperti computer, internet, pager, handphone, teleconference, siaran radio dan televise internasional – tv kabel Indonesia, mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia.
o) Periode Aplikasi
Pada periode ini, teknologi mobile phone begitu cepat pertumbuhannya. Bukan hanya dimiliki oleh hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia, fungsi yang ditawarkan terbilang canggih. Muatannya antara 1 Gigabyte, dapat berkoneksi dengan internet juga stasiun televisi, dan teleconference melalui 3G. Teknologi computer demikian, kini hadir dengan skala tera (1000 Gigabyte), multi processor, multislot memory, dan jaringan internet berfasilitas wireless access point. Bahkan, pada café dan kampus tertentu, internet dapat diakses dengan mudah, dan gratis.

Harapan  Kedepannya Dengan Adanya Telematika
       Menurut saya dengan adanya telematika sangat berpengaruh sekali untuk masyarakat di Indonesia karena dengan adanya telematika mempermudah seseorang mendapatkan informasi dengan cepat dan dapat berhubungan dengan sesama dalam jarak yang jauh. Saya berharap telematika di Indonesia dapat dikembangkan lebih baik terutama untuk pedesaan.

0 komentar:

Poskan Komentar