Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Sabtu, 01 November 2014

Perkembangan Telematika






Zaman informasi ini, menegaskan bahwa jarak geografis tidak lagi menjadi faktor penghambat dalam hubungan antara manusia atau antar lembaga usaha. Berbagai informasi dapat diakses dengan mudah sekaligus cepat. Setiap perkembangan dapat diikuti dimanapun berada. Contohnya saja pada transaksi jual beli online (e-commerce). Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak, mentransfer uang, mengirim dokumen, sampai membuat claim. Luasnya wilayah e-commerce ini, bahkan dapat meliputi perdagangan internasional, pengiriman perangkat lunak (software), perbankan, perpajakan, dan banyak lagi. E-commerce juga memiliki istilah lain, yakni e-bussines. Contoh dalam kawasan ini adalah toko online, baik itu toko buku, pabrik, kantor, dan bank (e-banking). Untuk yang disebut terakhir, sudah banyak bank yang melakukan transaksi melalui mobile phone, ATM (Automatic Teller Machine – Anjungan Tunai Mandiri) , bahkan membeli pulsa.
Menurut saya, e-commerce akan terus berkembang secara pesat kedepannya, baik itu dari segi cara berbelanja, cara melakukan transaksi pembayaran, aplikasi; situs/website, dan lain-lain. Hal tersebut dikarenakan perkembangan teknologi yang terus berkembang yang membuat segalanya menjadi lebih praktis, yang turut membuat pola hidup masyarakat menjadi tidak mau repot dan membuang-buang waktu untuk berbelanja. Selain itu, e-commerce juga membuka peluang berbisnis yang cukup menjanjikan, karena berbelanja online sudah sangat digemari masyarakat jaman sekarang dan juga cara pengelolaan e-commerce yang cukup mudah karena toko online yang dibuat dengan platform website ini mudah dikelola bahkan untuk pemula sekalipun (tergantung GUI yang dimiliki websitenya) dan e-commerce tidak mengharuskan untuk mempunyai sebuah kantor ataupun toko. Memungkinkan kita untuk melakukan transaksi setiap saat dimana saja dan bisa berbelanja disemua lokasi di dunia,  Memungkinkan kita memiliki banyak pilihan produk yang kita inginkan dengan produsen yang berbeda-beda juga memungkinkan proses jual beli dilakukan antar negara dll. Mungkin karena itulah yang menyebabkan e-commerce akan berkembang kedepannya.
Dampak positif dari e-commerce dapat menurunkan biaya operasional, melebarkan jangkauan, mempermudah transaksi jual beli, dan dapat memperpendek waktu produksi. Sedangkan dampak negatifnya dapat kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan, Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja , ketidakjujuran , praktek bisnis yang tidak benar , kesalahan faktor manusia , kesalahan faktor manusia atau kesalahan system, dan kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut. 

Sumber:



 







 



0 komentar:

Poskan Komentar