Zaman informasi ini,
menegaskan bahwa jarak geografis tidak lagi menjadi faktor penghambat dalam
hubungan antara manusia atau antar lembaga usaha. Berbagai informasi dapat
diakses dengan mudah sekaligus cepat. Setiap perkembangan dapat diikuti
dimanapun berada. Contohnya saja pada transaksi jual beli online (e-commerce).
Semua proses transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik. Mulai dari
memasang iklan pada berbagai situs atau web, membuat pesanan atau kontrak,
mentransfer uang, mengirim dokumen, sampai membuat claim. Luasnya wilayah
e-commerce ini, bahkan dapat meliputi perdagangan internasional, pengiriman
perangkat lunak (software), perbankan, perpajakan, dan banyak lagi. E-commerce
juga memiliki istilah lain, yakni e-bussines. Contoh dalam kawasan ini adalah
toko online, baik itu toko buku, pabrik, kantor, dan bank (e-banking). Untuk
yang disebut terakhir, sudah banyak bank yang melakukan transaksi melalui
mobile phone, ATM (Automatic Teller Machine – Anjungan Tunai Mandiri) , bahkan
membeli pulsa.
Menurut saya, e-commerce
akan terus berkembang secara pesat kedepannya, baik itu dari segi cara
berbelanja, cara melakukan transaksi pembayaran, aplikasi; situs/website, dan
lain-lain. Hal tersebut dikarenakan perkembangan teknologi yang terus
berkembang yang membuat segalanya menjadi lebih praktis, yang turut membuat
pola hidup masyarakat menjadi tidak mau repot dan membuang-buang waktu untuk
berbelanja. Selain itu, e-commerce juga membuka peluang berbisnis yang cukup
menjanjikan, karena berbelanja online sudah sangat digemari masyarakat jaman
sekarang dan juga cara pengelolaan e-commerce yang cukup mudah karena toko
online yang dibuat dengan platform website ini mudah dikelola bahkan untuk
pemula sekalipun (tergantung GUI yang dimiliki websitenya) dan e-commerce tidak
mengharuskan untuk mempunyai sebuah kantor ataupun toko. Memungkinkan kita
untuk melakukan transaksi setiap saat dimana saja dan bisa berbelanja disemua
lokasi di dunia, Memungkinkan kita memiliki banyak pilihan produk
yang kita inginkan dengan produsen yang berbeda-beda juga memungkinkan proses
jual beli dilakukan antar negara dll. Mungkin karena itulah yang menyebabkan
e-commerce akan berkembang kedepannya.
Dampak positif dari
e-commerce dapat menurunkan biaya operasional, melebarkan jangkauan,
mempermudah transaksi jual beli, dan dapat memperpendek waktu produksi.
Sedangkan dampak negatifnya dapat kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan
pelayanan, Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan
dengan sengaja , ketidakjujuran , praktek bisnis yang tidak benar , kesalahan
faktor manusia , kesalahan faktor manusia atau kesalahan system, dan kehilangan
kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha
yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan
reputasi perusahaan tersebut.
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar