Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Rabu, 23 April 2014

Text To Speech dan Speech To Text





Text to speech adalah metode untuk mengubah teks tertulis menjadi suara, sedangkan speech to text adalah metode untuk mengubah suara menjadi teks tertulis.
Aplikasi T-SMS (Teknologi SMS) adalah contoh text to speech dan speech to text yang digunakan untuk berkomunikasi. Aplikasi T-SMS memberi kemudahan bagi penyandang tunanetra dalam memanfaatkan teknologi pesan singkat yang terdapat di setiap smartphone berbasis Android. Aplikasi  ini akan mengubah suara menjadi teks dan sebaliknya, dari teks menjadi suara kembali. Ketika sebuah tombol ditekan maka secara otomatis akan mengeluarkan suara sesuai dengan yang ditekan. Sebagai contoh, ketika menekan angka tiga maka yang keluar suara tiga. Untuk mengirim SMS, penggunanya tinggal melisankan pesan yang akan dikirim, di mana teknologi  speech-to-text pada aplikasi ini akan mengubah suara yang terdengar menjadi teks. Jika ada pesan yang masuk, teknologi text-to-speech akan mengubah pesan teks menjadi suara. Dengan demikian, SMS yang masuk akan dibacakan.

Contoh Software yang digunakan oleh Text to Speech
Untuk membaca teks menjadi suara dalam bahasa Indonesia bisa menggunakan software Indo  TTS. IndoTTS merupakan program yang dibuat menggunakan aksen bahasa Indonesia atau yang dikenal sebagai diphone database. Software yang dikembangkan untuk IndoTTS yaitu Mbrola. Mbrola merupakan software yang berfungsi sebagai pembangkit sinyalvucapan berdasarkan kode-kode fonem dari teks yang dimasukkan.


Sumber:

0 komentar:

Poskan Komentar